Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Lagu Esa Mokan

Arti Lagu Esa Mokan ( Makna Lagu Esa Mokan) atau terjemahan lagu esa Mokan yang dibahas pada halaman ini.

Lagu Esa Mokan adalah lagu Daerah Sulawesi Utara. Pencipta lagu ini masih belum bisa dipastikan. Saya sudah mencari dan mendapatkan 2 nama yakni ciptaan N. Katuuk dan pada video lain tertulis ciptaan Trad ( sumber : youtube ). Untuk sementara akan saya kosongkan nama pencipta lagunya.

Silakan lihat lirik dan terjemahannya di bawah ini, Jika ada salah ejaan mohon dimaklumi.


Judul lagu : Esa Mokan

Pencipta :

Lagu Daerah : Sulawesi Utara



Esa Mokan


Esa mokan genangku wia niko

Hanya satu harapanku padamu

Tia mo mah zua-zua genang e karia

Jangan mendua hati e kekasih

Mengaley mengaleyuman wia si opo Walian

Senantiasa berdoa/meminta pada Tuhan

Pakatuan, pakalawiren, kita zua ya

Diberi umur panjang, diberkati, kita berdua.


Lagu Esa Mokan merupakan sebuah lagu cinta yang berisi harapan / permintaan. Biasanya permintaan seperti ini diucapkan oleh seorang wanita kepada pria. Dalam hal cinta seringkali pria menduakan wanita. Bahkan dalam perkawinan pun pria menduakan wanita.

Sesungguhnya satu hal yang sangat tidak diinginkan oleh wanita adalah “diduakan”. Saya jadi teringat cerita teman, istrinya berkata “jika kamu mau berjudi, silakan. Jika kamu mau mabuk-mabukkan, silakan. Jika kamu mau begadang silakan. Tapi kamu jangan menikah lagi.”

Cerita di atas adalah kisah nyata. Intinya apapun yang hendak diperbuat oleh suaminya silakan, asalkan jangan menikah lagi.

Sementara dalam lagu ini intinya “jangan selingkuh” dan berdoalah selalu kepada Tuhan agar Tuhan memberkati, dalam hal ini memberikan umur panjang dan hal lain yang dibutuhkan.

Bagi anda yang ingin tahu not angka lagu tersebut dan mendengar melodi lagunya, silakan buka postingan Not Angka Lagu Esa Mokan.

Semoga postingan ini bermanfaat.